Senin, 24 November 2008

Kemacetan disekitar putaran dan solusinya

Kendaraan yang berbalik arah di tengah jalan sering menimbulkan kemacetan. Contohnya kemacetan di putaran di dekat Legenda Wisata dan di putaran di dekat Masjid Raya Bogor. Kemacetan ini memang tidak parah tetapi semakin menjadi saat jam sibuk dan bisa menghambat perjalanan.

Kemacetan di putaran terjadi karena kendaraan yang ingin berbalik arah mengurangi kecepatan menjelang putaran, bergerak sangat lambat saat berputar bahkan mungkin berhenti bila jalur di depannya sedang padat. Hal ini menyebabkan kendaraan di belakangnya atau yang terhalangi menjadi terhambat dan terjadilah kemacetan. Tidak jarang kemacetan merembet ke lajur di dekatnya bila ada kendaraan yang tidak tertib.

Akan lebih baik bila putaran dibuat seperti gambar di bawah. Pada gambar itu terdapat lajur khusus untuk berbalik arah sepanjang 50 m. Lajur ini berguna untuk memperlambar dan mempercepat kendaraan menjelang dan setelah putaran sehingga tidak ada mobil lain yang terganggu karena kendaraan melambat atau berkecepatan rendah karena baru saja berputar. Memang ada titik rawan yakni saat mobil dari lajur untuk berputar masuk ke lajur umum. Oleh karena itu mobil di lajur umum diberi peringatan sebelum putaran.

Kamacetan masih bisa terjadi yakni saat lajur tujuan sedang macet. Bahkan kemacetan dapat merembet ke jalur sebelahnya. Oleh karena itu perlu dipikirkan solusi lain untuk masalah ini.

Tidak ada komentar: